Senin, 11 Februari 2008

Neraca Goyang, riwayatmu kini


Dia sahabat yang baik hati, setiap aku datang pasti dia menemuiku, anak SMAK hapal betul dengan perawakan siapa beliau, waktu kami pendidikan kalau menimbang dia paling lama sehingga kadang kita antri sampai 1/2jam menunggu dia. Kalau kita tanya kenapa lama sekali menimbang, dia pasti jawab "susah cari interpolasinya bos". Ya, interpolasi, angka anting yang dapat memberikan angka tak terhingga dibelakang koma dalam satuan gram dengan menggunakan neraca goyang. Ya, neraca goyang yang mirip dipakai ditoko emas.

Pada saat reuni kemarin, sempat saya tanyakan pada adik kelas, "aiiii, sudah tidak ada-mi kak, itu neraca goyang sudah tidak dipakai". Jawaban polos adik-adik angkatan saya itu menggugah hati untuk menerangkan pada mereka bahwa alat itu memang tidak canggih, tapi kita bisa belajar jujur dan disiplin pada diri sendiri dengan alat itu dibanding neraca digital.

Neraca goyang, setidaknya memberikan kepuasan tersendiri saat melihat dan mengamati goyangan ke kiri 3x dan ke kanan 2x atau sebaliknya, kemudian menimbang benda kalau belum seimbang kita geser anting ke positif atau negatif sehingga seimbang, dan kesemua itu dilakukan dan dicermati dengan pengamatan tingkat tinggi, disanalah seseorang diuji kejujuran dan ketetapan hatinya dalam menentukan nilai yang akan diberikan terhadap berat suatu benda yang ditimbangnya.

Calon analis kimia yang ditempa dengan menggunakan neraca goyang adalah suatu keharusan, karena menguji dan mengasah kemampuan pengamatan mereka sebelum menjadi analis dikemudian hari. Jadi sangat disayangkan kalau neraca analitik yang goyangan ini sudah tidak dipakai lagi sekarang. Ya... neraca goyang riwayatmu kini...... (Andi udin Saransi & Frederika anastasia Hadjra)

5 komentar:

gianalyst_'08 mengatakan...

kadang yang otomatis belum tentu mebuahkan hasil ataupun pelajaran yang sempurna....

=D

H. Amrun Podungge mengatakan...

Memang tapi kalo inga ka dulu kalo praktek blum pi mengamati sudah selesai mi laporannna heheheheheh sehat slalu Anto n Basri serta Nadar

24Channel mengatakan...

ha..ha...ha...slah satunya ada di sini kak..hi semua salam kenal buat kak Gia dan kak H.Amrun..Ni Kita dari angkatan 30--Deny-Tiyar pengen titip salam buat yang ganteng tuu fotonya..Beliau salah satu Guru Papvorite kami di SMAK..

24Channel mengatakan...

Kak...Leh nggak kita LINK blognya??

Ikatan Alumni Analis Kimia (IAAK) Makassar Korwil Bali Nusa Tenggara mengatakan...

Kak...Leh nggak kita LINK blognya??

BOLEH, DENGAN SENANG HATI